KESEHATAN MANUSIA DAN EKOSISTEM

Kesehatan manusia dipengaruhi oleh perubahan keanekaragaman hayati dan jasa ekosistem. Perubahan lingkungan telah mengubah pola penyakit dan keterpaparan manusia terhadap wabah penyakit. Dalam Kesehatan Ekosistem, ada tiga atribut utama: kekuatan (produktivitas), organisasi(termasuk keanekaragaman biota dan interaksinya), dan ketahanan. Konsep kesehatan ekosistem diartikulasikan dari perspektif biofisik, sosial ekonomi, dan kesehatan manusia. Penilaian kesehatan ekosistem harus dilakukan dalam dinamika kompleks menghubungkan elemen-elemen ini dan indikator kualitatif dan kuantitatif kesehatan ekosistem.

Buku ini terdiri dari 6 BAB: Bab 1 Tentang Kesehatan Manusia; Bab 2 Tentang Kesehatan Ekosistem; Bab 3 Tentang Biodiversitas; Bab 4 Tentang Jasa Ekosistem; Bab 5 Tentang Penggerak Perubahan  Ekosistem dan Bab 6 Tentang Perubahan Iklim Global dan Dampak Kesehatan.

 Diharapkan dengan terbitnya buku ini membantu mahasiswa/pemerhati Lingkungan mendalami ilmu Kesehatan Lingkungan terutama Ekosistem Kesehatan untuk penilaian dalam Manajemen Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat.