Rp 60,000.00
ISBN 978-602-5411-04-5
Ukuran : 16×22, xvi + 181 hlm
Tahun Terbit : 2018
Penulis : M. Kubais M. Zeen
Deskripsi
Entrepreneur telah terbukti menjadi faktor terpenting penyangga kemajuan dan kemakmuran Amerika Serikat, Eropa, dan Asia, baru disadari dan menguat di Indonesia setelah refeormasi tahun 1998/1999. Akibatnya, hingga usia kemerdekaan mencapai 71 tahun pada 17 Agustus 2016, negara yang kaya sumberdaya alam dan memiliki tradisi entrepreneur ini, masih terpaku dalam barisan negara berkembang yang dibelit persoalan sosial, ekonomi, politik, pendidikan, dan hukum.
Sejak kesadaran itu mengemuka, banyak pihak terutama pemerintah bergerak, mengambil peran, melakukan berbagai upaya untuk menambah jumlah entrepreneur. Paling tidak minimal 2% dari total populasi penduduk seperti dikemukakan David McClelland sebagai syarat menjadi negara maju. Peran dan upaya ini mesti terus dilakukan lantaran menurut Ciputra, untuk menjadi negara maju, Indonesia membutuhkan minimal 4,4 juta orang entrepreneur sejati, dan butuh waktu 25 tahun lagi untuk mencapai entrepreneur sebanyak itu.
Selain sejarah praktik kewirausahaan di sejumlah negara termasuk Indonesia hingga konsep dan defenisi yang bekembang sejak Abad Pertengahan. Buku ini juga menyajikan informasi upaya membangkitkan ‘gen’ kewirausahaan melalui pendidikan dalam keluarga, lembaga pendidikan, generasi muda, teknopreneurship, ilmuan-entrepreneur. Entrepreneur-manajer, intrapreneurship, social entrepreneurship, fenomena baru terjunnya pengusaha di panggung politik, entrepreneur spiritual, entrepreneur government, perekonomian berbasis entrepreneur, serta peran dan kontribusi entrepreneur.
Buku ini diharapkan dapat menambah referensi bagi mahasiswa fakultas ekonomi, pengajar mata kuliah entrepreneur, pemerintah, pekerja sosial, lembaga nirlaba, generasi muda, dan lain sebagainya.