Tanya Jawab METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN

Metopel Kes

Buku ini ditulis dengan pendekatan tanya jawab untuk memudahan mahasiswa dalam mencari rujukan dan panduan dalam melakukan penelitian skripsi S1, tesis S2 dan PPDS, disertasi S3 dan bagi peneliti pemula. Penjelasan sederhana dan jelas sangat penting bagi mahasiswa dan peneliti pemula, karena mereka tidaklah harus ahli tentang segala ilmu metodologi penelitian. Namun, mereka membutuhkan pemahaman secara cepat sesuai disain penelitiian yang mereka lakukan. Buku ini dapat memberikan solusinya.
Ruang lingkup buku ini adalah (1) Paradigma penelitian, mulai dari asumsi aksiomatis hingga paradigma pendekatan kuantitatif dan kualitatif; (2) Rancangan penelitian dan interpretasi hasil penelitian observasional; potong lintang, kasus kontrol, dan kohort; (3) Rancangan percobaan; (4) Uji diagnostik; (5) Perumusan masalah penelitian dan kerangka konsep; (6) Pemilihan dan jumlah sampling; (7) Variabel dan pengukurannya serta dasar analisis data; dan (8) Dasar-dasar telaah sistematik dan meta analisis.
ooOoo

Rekomendasi:

“Buku ini sangat dinantikan‚Ķ, dengan sajian yang menarik untuk dibaca akan sangat membantu menguatkan pengetahuan para peneliti, ataupun dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir yang sedang “kebingungan” saat akan melakukan penelitian. Buku membahas dengan jelas dan lugas; sangat tepat untuk dijadikan sumber bacaan dan sangat dinantikan”
(Dr. Yudhia Fratidhina, SKM, M.Kes; Kepala Pusat Penelitian & Pengabdian Masyarakat, Poltekkes Kemenkes, Jakarta-III).

“Penelitian sering menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa karena sulit memahami setiap tahapannya. Dalam buku ini Dr Hardisman mampu mempermudah pemahaman kita dengan diksinya yang lugas dan jelas, serta uraian ringkas dan sistematik”
(Dr. dr. Finny Fitry Yani, SpA (K); Peneliti Klinis, Ketua Prodi PPDS Ilmu Kesehatan Anak FK-UNAND/ RSUP M. Djamil, Padang).

ooOoo

“Buku ini wajib dimiliki, dengan pendekatan tanya jawab mengupas tuntas masalah penelitian yang menjadi kebingungan mahasiswa, sehingga menjadi pencerahan yang luar biasa”
(Dr. Nina Herlina, S.Si.T, M.Kes; Ketua Prodi Kebidanan, Universitas Gunadarma, Jakarta)