PARASITOLOGI KESEHATAN

Indonesia sebagai negara yang berada di daerah tropis memiliki keuntungan hanya memiliki musim basah dan kering dengan suhu tropis yang hangat. Di balik kondisi iklim tersebut hampir semua serangga dan parasit serta mikroorganisme penyebab penyakit bisa berkembang dengan baik, hal ini menjadikan negara kita kaya akan berbagai jenis penyakit tropis yang menelan jutaan korban jiwa.
Kasus malaria, filariasis, ascariasis, dan penyakit parasitik lainnya masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Masalah infeksi parasit bukan hanya masalah kesehatan saja tetapi lebih jauh berpengaruh pada daya saing bangsa di mata dunia, anak yang mengalami Ascariasis berakibat stunting, selain rentan sakit juga dapat mempengaruhi intelegensi (IQ) anak khususnya balita dan anak usia sekolah dasar.
Buku ini mengkaji Helmintologi, Protozologi dan Entomologi kesehatan mengupas secara lugas dan mendalam aspek taksonomi, siklus hidup, diagnosa, epidemiologi penyakit, etiologi penyakit, serta pencegahan ragam penyakit tropis berbasis parasit yang ada di Indonesia. Buku ini bisa menjadi referensi para praktisi di bidang kesehatan, para akademisi, mahasiswa kedokteran, kesehatan masyarakat, Kesehatan Lingkungan, tenaga laboratorium medik, akademi kesehatan, politeknik kesehatan, para peneliti dan pelaksana program pengendalian penyakit menular di seluruh Indonesia.